yang ringan-ringan tentang amrik : F474r

akhirnya film yang menggebu-gebu pemberitaannya bahkan syutingnya saja sudah sedemikian menyedot pemberitaan besar-besaran oleh media sebelum film utuhnya dilempar ke publik karena ada kata ‘Bali’ disana, tayang juga..
dan tepat seperti yang diprediksikan, hypenya membuat teater full loaded dengan orang-orang yang entah ingin melihat petualangan liz gilbert atau hanya sekedar merasakan kebanggan karena bali dipotret oleh hollywood.,entahlah, tapi yang jelas fenomena mengantri kembali dimulai karena film ini..
anyhow yang ingin dibagi dalam film ini terkait dengan amerikanya bukan karena ceritanya tapi ada beberapa adegan yang menyentil mengenai keadaan masyarakat amerika melalui sudut pandang tokoh-tokoh yang berasal dari benua lain. dan mengalirlah statement yang kira-kira seperti ini
Luca: orang amerika bahkan tidak tahu caranya bersenang-senang. Mereka menghabiskan weekend dengan memakai piyama sambil menonton Tv. Maksudku mereka tidak pernah benar benar bisa bersenang-senang tanpa melakukan satu hal apapun. Ini yang kusebut ‘the beauty of doing nothing” dan hanya orang italia yang paham bagaimana caranya bersenang-senang tanpa melakukan apa-apa.
Apakah ini kritikan? Well, nampaknya tidak demikian juga. Hanya sekedar menyoroti perbedaan budaya didalam masyarakat. saya jadi teringat ketika membaca artikel yang ditulis oleh Budi Dharma yang membahas mengenai konsep hidup rakyat jepang. Ada bagian didalam tulisan itu yang dikaitkan dengan budaya rakyat amerika di akhir pekan. Kalau kita melihat sejarahnya, pengeboman Pearl Harbour terjadi di hari sabtu. Mengapa sabtu? Karena tentara jepang yang menerbangkan pesawat pembawa bom tahu benar bahwa di weekend inilah masyarakat amerika (dalam hal ini, tentaranya) memanfaatkan akhir pekan dengan benar-benar bersantai. Dan weekday benar-benar dicurahkan untuk bekerja habis-habisan..
Nah kalo dihubungkan dengan kutipan dari film eat pray love, bentuk liburan weekend yang dipunyai oleh masyarakat amerika justru membuat orang-orang non amerika (italia khususnya) justru geleng-geleng kepala. Dalam pandangan italia, orang amerika tidak bisa tidak melakukan apa-apa bahkan diwaktu senggangnya..
Nah bagaimana ya bentuk bersantai versi Indonesia? Hm..mungkin survey juga dibutuhkan ni…

btw, ada juga fakta unik mengenai amrik yang kemaren sore saya buka di situs apa gitu ya..dan lucu-lucu juga ceritanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: